arrow articles detail we accept : visa n master
 
     
 
10 Poin Pemeriksaan Kondisi Finansial Anda
upload time : 06/03/2009 01:50:18

Untuk mempertahankan agar mobil anda tetap berjalan dengan baik, anda harus melakukan "tune up" secara rutin. Begitu pula dengan kondisi keuangan anda. Apabila anda menginginkan agar kondisi keuangan anda tetap baik, anda harus mengetahui apakah semua bagian penyusunnya berjalan selaras.

 

Oleh karena itu anda harus mengetahui 10 poin untuk pemeriksaan kondisi finansial anda. Dengan mempersiapkan segalanya terlebih dahulu, tentu anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik di masa yang akan datang.

 

1.       Mengetahui besarnya pengeluaran rutin.

Apabila anda tidak mengetahui seberapa besar pengeluaran rutin anda setiap bulan, jangan berkecil hati, yang melakukan hal ini bukan hanya anda ("saya dulu juga'). Kebanyakan orang tidak mengontrol pengeluarannya dengan baik (" termasuk saya"). Mengapa? Karena hal ini membutuhkan perjuangan. Selain itu, apabila anda ingin mengatasi kondisi keuangan anda, anda harus mengetahui untuk apa uang yang anda keluarkan. Cobalah membuat catatan pengeluaran selama 2 bulan, lalu anda dapat menggunakan catatan tersebut untuk membuat rencana keuangan anda sendiri.

2.       Mengurangi hutang.

Lihatlah kembali pada catatan pengeluaran yang telah anda buat sebelumnya, untuk menemukan cara mengurangi pengeluaran. Cobalah untuk menggabungkan hutang anda, misalnya dengan mencari pinjaman kredit lain dengan bunga yang minimal. Apabila anda mempunyai banyak kewajiban hutang kartu kredit dengan bunga yang tinggi, cobalah untuk memindahkan hutang kartu kredit yang banyak tersebut pada satu kewajiban hutang dengan bunga yang lebih rendah.

3.       Pastikan bahwa anda telah mempunyai asuransi.

Sebelum anda memulai investasi untuk masa depan anda, anda harus mengasuransikan masa depan anda. Apabila anda mempunyai sebuah keluarga, anda pasti mempunyai sebuah alasan untuk hidup dan sebuah asuransi jiwa yang dapat menggantikan pendapatan yang biasa anda peroleh apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan misalnya cacat tetap. Dan tentu saja anda juga membutuhkan asuransi untuk hal lainnya seperti mobil, rumah dan kesehatan.

4.       Menentukan tujuan keuangan anda.

Apakah tujuan keuangan jangka panjang anda? Memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak anda? Masa pensiun yang nyaman? Apabila anda ingin mencapai tujuan ini, anda harus tahu berapa uang yang akan anda butuhkan dan kapan anda membutuhkannya.

Lalu Anda dapat menentukan berapa yang anda butuhkan untuk investasi dan berapa besar pula pengembalian yang anda inginkan. Sebuah kalkulator finansial akan sangat membantu anda dalam hal ini.

5.       Mempelajari dasar-dasar investasi.

Didiklah diri anda sebanyak yang anda bisa mengenai proses investasi. Membaca buku, berlangganan majalah keuangan atau belajar melalui internet. Sebelum anda mulai berinvestasi, bicarakan dahulu pada beberapa penasehat keuangan untuk mencaritahu investasi apa yang sesuai dengan yang anda butuhkan.

6.       Investasikan secepatnya.

Banyak orang menunda untuk berinvestasi karena mereka takut akan kondisi keuangan yang tidak menentu. Penundaan ini dapat merampas kesempatan mereka untuk mengalami keajaiban dalam investasi yaitu "pengembalian ganda".

7.       Investasikan secara teratur dan jangan pernah menariknya.

Hampir mustahil untuk mengatur pasar, sehingga kita dapat membeli dengan harga rendah dan menjual dengan harga tinggi. Strategi yang lebih baik yaitu melakukan investasi dengan teratur pada investasi yang anda percaya mempunyai perkembangan yang baik untuk jangka panjang. Apabila anda dapat mendisiplinkan diri anda untuk mengabaikan hasil jangka pendek dan berpikir untuk masa depan, anda mempunyai peluang besar untuk sukses dalam berinvestasi.

8.       Keaneka-ragaman dalam investasi

Investasikan Uang anda pada beberapa macam investasi, saham, obligasi, surat berharga milik pemerintah, atau dalam bentuk tabungan. Setiap investasi pada umumnya naik dan turun pada kurun waktu yang berbeda. Dengan berinvestasi pada beberapa macam investasi, anda dapat mengurangi resiko berinvestasi yakni kehilangan harta anda dalam waktu yang bersamaan.

9.       Memeriksa kemajuan anda.

Apabila anda telah memutuskan untuk berinvestasi, anda harus memonitor kondisi secara teratur. Konsultasikan strategi investasi anda pada penasehat keuangan lalu buatlah penyesuaian apabila diperlukan. Sebagai contoh, buku kas anda perlu disesuaikan apabila sebuah investasi misalnya saham mengalami peningkatan nilai yang relatif terhadap saham yang lain.

10.    Membantu generasi selanjutnya.

Dengan teknik perencanaan warisan yang tepat, anda dapat mengurangi beban pajak atas warisan tersebut, selagi anda meninggalkan keluarga anda dengan warisan tersebut sehingga dapat membantu keluarga anda mencapai tujuan mereka masing-masing. Dan dengan beberapa sarana misalnya warisan kepercayaan, anda juga dapat meninggalkan sebuah nilai moral kepada keluarga yang anda cintai.

 



Sumber : by richardo on Apr 02 2008 Sumber : www.myfinancial-planning.com

View All Articles

 
     
AWARD
Provided By
Payment Online By

Visitors :
 
     
About ClickForLife | Articles | Testimonial | Contact Us | Terms of Use | Privacy Policy | Security Policy
You need the Flash player to view the page. Click here to download the free Flash plugin.
Copyright © 2009 PT. Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG. All Right Reserved.